Kamis, 21 April 2016

Tips Memilih Sofa Minimalis

Raihan Furniture
The art of furnitures
Make your Furniture Fullfill with ART
Home, Office, Apartement, Restaurant, Exhibition


Tips Memilih Sofa Minimalis

Kehadiran sofa sebagai furniture di rumah sangat mempengaruhi tampilan interior secara keseluruhan. Untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih  sofa minimalis agar disesuaikan dengan peran dan fungsinya.

Beberapa faktor yang patut dipertimbangkan saat memilih  sofaminimalis adalah :

  1. Kebutuhan
    Kebutuhan orang untuk membeli  
    sofa minimalis belum tentu sama. Ada yang membeli untuk tempat duduk, kenyamanan, menerima tamu atau untuk membaca. Contoh : Sofa model foot stool sangat sesuai untuk anda yang hobi membaca sehingga anda bisa berselonjor santai di sofa. Sofa untuk ruang keluarga tentunya harus lebih kuat dan tidak cepat rusak. Pilihlah upholstery yang nyaman dan kuat. Demikian pula apabila ada anak kecil atau hewan peliharaan,  sofa minimalis dengan upholstery kulit sintetis adalah pilihan yang terbaik.Tentukan terlebih dahulu kebutuhan anda sebelum berangkat ke toko sofa langganan Anda.
  2. Ukuran
    Saat duduk di  
    sofa minimalis pernahkah terasa tidak nyaman? Mungkin kondisi busanya yang tidak bagus atau kesalahan ukuran sofa yang patut dicurigai. Dudukan yang terlalu dalam menyebabkan kita tidak dapat bersandar dengan nyaman, begitu pula apabila dudukan yang terlalu tinggi menyebabkan telapak kaki kita tidak bisa menapak lantai dengan baik. Banyak kemungkinan yang terjadi yang menyebabkan anda merasa tidak nyaman atau sakit akibat ukuran yang tidak pas.
  3. Kenyamanan
    Sebetulnya berapa ukuran  
    sofa minimalis yang ideal ?
-  Sofa satu dudukan panjangnya 90 cm (sudah termasuk lengan sofa), dua dudukan       sekitar 150 cm dan tiga dudukan sekitar 200 cm
- Untuk lebar dudukan bisa sekitar 85 – 90 cm (sudah termasuk punggung sofa)
- Tinggi dudukan dari lantai idealnya sekitar 40 – 45 cm
- Tinggi arm rest sekitar 60 – 65 cm
- Sedangkan tinggi sandaran dari lantai sekitar 75 – 100 cm
Ukuran ini tentu saja masih bisa disesuaikan lagi tergantung dari aktivitas, kebiasaan duduk atau kebutuhan lainnya namun tidak boleh terlalu menyimpang dari standard ukurannya.
  1. Kekuatan
    Bagaimana sebetulnya memilih  
    sofa minimalis yang benar-benar nyaman?
Faktor penentu tingkat kenyamanan sofa terdiri dari beberapa aspek, antar lain pemilihan upholstery, kualitas sistem pegas pada dudukan sofa, dan pengisi bantalan sofa minimalis.
Untuk bahan pelapis  sofa minimalis (upholstery), pilihlah bahan - bahan yang awet, nyaman di kulit (tidak panas) dan menyerap keringat. Bahan yang terbuat dari katun memiliki pori - pori sehingga memungkinkan bahan ini bernafas dan tidak terasa panas di kulit. Sedangkan bahan vynil meskipun mudah dibersihkan akan menimbulkan rasa panas dan gerah jika diduduki terlalu lama.
Kualitas sistem pegas yang mendukung bagian dudukan  sofaminimalis harus kuat dan lentur. Ada dua macam sistem pegas yaitu metode webbing yang menggunakan karet dan yang menggunakan per. Masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Sedangkan untuk bantalan sofa pilihlah Dacron atau busa yang tidak mudah kempes.
Coba duduki  sofaminimalis dulu sebelum memutukan untuk membelinya, ini merupakan cara yang efektif dan jitu untuk mengetahui nyaman dan tidaknya sebuah sofa minimalis.www.raihanfurniture14.blogspot.com

  1. Gaya
    Kesesuaian gaya menjadi faktor penting yang wajib diperhatikan jika kita ingin mendapatkan interior yang enak dipandang. Menyamakan gaya  
    sofa minimalis dengan konsep interior secara keseluruhan menjadi langkah yang paling mudah dan praktis untuk mendapatkan tampilan interior yang menarik. Misalkan interior bergaya modern dengan sofa bergaya modern, bergaya klasik dengan sofa bergaya klasik dst.Padu padan gaya pun dapat dilakukan agar tidak monoton, tentukan unsur yang menjadi elemen pemersatu agar terlihat harmonis satu sama lain, unsur tersebut bisa berupa warna, jenis material dan lain-lain.
  2. Warna
    Pemilihan warna sangat menentukan dalam menciptakan tampilan interior yang menarik. Dengan warna, padu padan gaya bisa terlihat serasi dan indah dipandang.Untuk interior yang tidak terlalu lapang suasana lebih lega bisa diperoleh dengan memakai warna - warna terang, seperti warna putih, krem dan warna - warna lembut. Pemakaian  
    sofa minimalis berwarna gelap di ruang yang sempit akan member kesan “bulky” dan “penuh” sehingga ruang terasa sesak.Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keserasian antar warna latar belakang  sofa minimalis dengan warna sofa itu sendiri. Warna-warna senada sudah pasti aman, contohnya kombinasi warna analog dengan komplementer. Padu padan warna senada antara sofa dan latar belakangnya menciptakan suasana yang mengalir dan tenang.
Sementara untuk mendapatkan kesan dramatis, kombinasi warna komplementer dengan kombinasi akan menarik, misalnya  sofa minimalis berwarna ungu dipadankan dengan dinding biru muda. Atau warna abu-abu dan merah sebagai aplikasi warna kompleks pasti lebih dinamis.
  1. Pola atau Corak
Perlu kehatian - hatian dengan upholstery bercorak, terlebih jika corak tersebut terlihat cukup menonjol. Corak yang terlalu mencolok jika diletakkan di ruang yang mungil atau banyak barang akan menimbulkan kesan terlalu ramai. Sebaiknya hindari  sofaminimalis dengan corak yang berat apabila rumah Anda tergolong mungil.sofa minimalis dengan uplolstery bercorak bisa dimanfaatkan sebagai focal point ruangan. Jika ingin mencoba pastikan latar belakang atau suasana ruang secara keseluruhan terlihat sederhana. Misalnya tidak terlalu banyak pernik artwork atau warna dindingnya tidak mencolok.


Konsultasi , Pemesanan dan Kemitraan
Raihan Furniture :
telp / sms / WA :  087777837210 - 081380862946
http // www.raihanfurniture14.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar